Sejarah Sepak Bola

Diposting oleh Triballfootball Sabtu, 23 Mei 2009

Sepak bola adalah olahraga yg paling banyak digemari diseluruh dunia, di Brasilia hampir di tiap desa walaupun bagaimana kecilnya sekalipun juga, mereka selalu memiliki satu gereja dan satu lapangan sepak bola, bahkan kalau gerejanya tidak ada pasti lapangan sepak bolanya tetap ada.
Sepak bola yg seperti kita kenal sekarang ini sebenarnya berasal dari England.

Bangsa Rumawi yg membawa permainan tsb ke England mereka menamakannya "Harpascum", walaupun demikian 3000 th yg lampau orang China pun telah mengenal permainan yg disebut "Tsu Chu" (Tsu - menendang & Chu adalah bola) dlm waktu yg hampir bersamaan di Jepang juga ada permainan yg sama yg disebut "Kemari".

Pada th 1848 beberapa mahasiswa dari Universitas Cambridge pertama kalinya membuat peraturan dari permainan sepak bola tsb. Dan pada th 1863 Footbaal Association (FA) di England didirikan dan pada th 1871 pertandingan sepakbola pertama yg diberi hadiah piala (beker). Di th 1885 mulai adanya pemain profi atau pemain bayaran, sedang persatuan sepak bola dunia Federation Internalionale de Footbal (FIFA) baru dibentuk pada th 1904.

Stadion sepak bola yg terbesar di dunia ialah Maracana di Rio de Janeiro (Brasilia) yg mampu menampung hingga 120.000 orang penonton,
walaupun demikian pada saat bertanding dgn Uruguay ternyata mereka bisa tetap menampung 200.000 orang. Stadion yg paling modern dari segi
arsitekturnya ialah San Siro (Giuseppe Meazza Stadion) di Milan - Italy disini adalah basis tempat bermainnya dari AC Milan.

0 komentar

Posting Komentar